Kebanyakan peternak sapi mengabaikan makanan tambahan,seperti komboran misalnya. Komboran sangat penting di berikan pada sapi,karena banyak kandungan Nutrisi yang terdapat di dalamnya,itu tentunya di dukung dengan bahan dan cara pembuatannya. Jarang peternak sapi memperhatikan hal tersebut,maka dari itu saya akan memberikan cara bagaimana meransum komboran untuk sapi,dan cara ini adalah yang di berikan Pak Habib pada peserta pelatihan.

Siapkan ember besar,air sumur,dedak halus ¨katul¨,garam dan star bio. Setar bio mudah di dapat,beli saja di toko peternakan atau pertanian. Star bio selain mengandung nutrisi yang cukup tinggi juga menambah nafsu makan pada sapi. Tapi yang lebih unik adalah berpengaruh pada kotorannya,setelah di kasih star bio kotoran sapi jadi tidak terlalu bau,tidak seperti kotoran sapi biasa.

Baik kita mulai saja bikin ransumnya. Setelah ember besar,air sumur,dedak halus ¨katul¨,garam,dan star bio sudah tersiapkan semua,kita mulai langkah awal. Pertama siapkan ember besar lalu dedak halus ¨katul¨ di masukan,ukuran 25 liter ari,membutuhkan dedak halus ¨katul¨ 1 kg. Setelah dedak di masukan lalu garam,kurang lebih 2 sendok makan. Sesudah itu lalu star bio di masukan,ukurannya 2 sendok makan. Setelah dedak,garam,dan starbio di masukan kedalam ember besar baru di larutkan dengan air sumur yang sudah di sediakan. Aduk sampai rata dan siap di berikan pada sapi.

Pemberian komboran pada sapi sebaiknya 1 hari 2kali,yaitu pagi dan sore setelah sapi selesai makan. Kebiasaan peternak sapi adalah,memberi minum pada sapi di lakukan sebelum memberikan makanan,dengan alasan kalau minum di berikan setelah makan,sapi minumnya tidak banyak bahkan tidak mau minum. Itulah bedanya perlakuan Pak Habib pada sapi-sapinya.

About these ads