Mba Supra mendesak kepda ketiga pelopor di Gandu supaya pengisian data “riset” segera di lengkapi,setelah Mba Supra melihat hasil pendataan warga gandu yang di laksanakan oleh ketiga pelopor “Mas Sis,Mas Tilih,dan Mba Khusnul” di rasa belum lengkap semua.
Demikian dikatakan Mba Supra setelah membuka sebuah acara Diskusi perlombaan yang akan di laksanakan di gandu untuk memeriahkan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw,yang bertempat di rumah Mba Khusnul Desa Tanjung Sari “Gandu”,minggu 16 Maret 2008 pukul 13.30 wib. Disitu juga hadir tiga perwakilan dari INDIPT “Mas Airs Panji,Mba Supra,dan Dariman”,dan ketiga pelopor dari Gandu “Mas Siskhori,Mas A.Mutolih,dan Mba Khusnul”.
Dikatakan Mba Supra pada pertemuan kali ini akan membahas tentang perlombaan-perlombaan yang akan di laksanakan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw,sebelum merumuskan perlombaan yang akan di adakan,Pak Aris Panji memberikan sedikit wacana bahwa perlombaan yang akan di adakan,itu bisa mendorong dari suatu bentuk pelaksanaan Sekolah Alternatif yang akan di laksanakan di Gandu,dan bentuk perlombaan itu tidak keluar dari konteks peringatan Maulid Nabi Muhammad saw itu sendiri.
Setelah Pak Aris Panji memberi sedikit wacana,Mba Supra mengajak kepada semua peserta diskusi membuat kesepakatan kapan akan mengadakan diskusi lagi,karena ini menyangkut denga kondisi sekarang ini yang kebetulan di Gandu sedang musim panen,menurut Mba Supra ,supaya acara diskusi tidak mengganggu aktifitas dari ketiga pelopor,dan juga jangan terlalu sering diskusi “sebuah kekhawatiran Mba Supra takut mengganggu aktifitas ketiga pelopor”. Setelah di diskusikan akhirnya mendapat sebuah kesepakatan,peserta diskusi menyepakati,diskusi yang akan di laksanakan untuk membahas tentang perlombaan akan di laksanakan pada tanggal 30 Maret 2008 jam 13.30 wib.
Setelah membentuk kesepakatan diskusi,Mba Supra memberikan pertanyaan kepada ketiga pelopor,kira kira apa saja yang akan di perlombakan nanti selain lomba menggambar desa dan lomba menulis surat ?,Mas Tolih memberi pendapat atau menambah perlombaan yaitu,lomba lawak dan lomba pidato,sedangkan Mas Sis cuma berpendapat,merubah yang tadinya ada lomba Adzan di ganti dengan lomba Sholawat kreatif,di samping itu Mba Supra juga mengusulkan ada lomba baca Al Qur’an yang bertema tentang lingkungan,dan di sertai dengan Tafsirannya. Mba Khusnul mengajukan pendapat supaya diadakan lomba cerdas cermat,tapi lomba cerdas cermat di rasa sedikit ribet dalam pelaksaannya,jadi lomba cerdas cermat tidak dimasukan dalam daftar perlombaan.
Dari ke 6 perlombaan yang sudah di sepakati diantaranya,lomba menggambar,lomba menulis surat,lomba baca Al Qur’an,lomba Sholawat kreatif,lomba lawak,dan lomba pidato. Menurut rencana Mas Tolih dan kawan-kawan,perlombaan itu akan di laksanakan pada tanggal 3,4,dan 5 April 2008 yang bertempat di Gandu,masalah waktu masih dalam perencanaan karena melihat situasi di Gandu.
Mba Supra mendata kebutuhan atau peralatan yang di butuhkan dalam pelaksanaan perlombaan diantaranya,hadiah,sepanduk+planflat”selebaran”,dekorasi,panggung,snack panitia dan juri,rokok+uang buat juri,dan kertas gambar.Disamping itu Mba Supra juga mendata kira-kira berapa juri yang di butuhkan,Mas Sis dan kawan-kawan memprediksi kira kira ada 16 juri yang di butuhkan, diantaranya ; lomba menulis surat dibutuhkan 2 orang,lomba menggambar di butuhkan 2 orang,lomba Sholawat Alternatif di buyuhkan 3 orang,lomba baca Al Qur’an di butuhkan 3 orang,lomba lawak di butuhkan 3 orang,dan lomba pidato di butuhkan 3 orang juga.
Dari jumlah data kebutuhan untuk pelaksanaan perlombaan,dari Gandu bersedia manyediakan panggung,soun sistem,dan sanack untuk juri,selebihnya dari itu,indip yang akan menyediakan. Tapi Mas Tolih mengajukan dana cadangan untuk menyewa diesel,takutnya sewaktu pelaksanaan perlombaan mati lampu.
Setelah diskusi tentang perlombaan selesai,peserta mengagendakan pertemuan untuk mendiskusikan tentang Sekolah Alternatif bersama warga Gandu. Hasilnya,diskusi dengan warga Gandu akan di laksanakan pada tanggal 23 Maret 2008 jam 20.00 wib. Di situ Mas Sis juga mohon supaya kang tajib bisa menghadiri pada acara itu,menurutnya,kang tajib sangat berpengaruh bagi warga Gandu.
“ha ha ha ha ha………………..punya wibawa nih……………?”.