Malam minggu diskusi di gandu

Malam minggu adalah malam yang indah bagi yang menikmati dengan sang pacar,tapi beda dengan dariman dari redaksi indipt online. Malam minggu bukannya menikmati dengan pacarnya tapi menikmati dengan warga Gandu,sabtu malam 22/03/08 di dukuh Gandu Desa Tanjung sari bertempat di Musolla Al  Huda ,ada acara diskusi  warga Gandu  dengan  INDIPT  yang bertema  ¨  Gagasan-gagasan mengenai Sekolah Alternatif yang akan di laksanakan di Gandu¨.

Dalam acara tersebut hadir beberapa tokoh masyarakat Gandu,perangkat desa Tanjung sari,pemuda Gandu,dan juga beberapa perwakilan dari INDIPT,sebelum acara inti,acara di buka oleh Mas A.Mutolih dari pemuda Gandu dan di lanjutkan sedikit pandangan atau gambaran tentang akan di adakannya Sekolah Alternatif di Gandu oleh Mas Siskhori.  Mas Sis,memberikan penjelasan bahwa di Gandu akan di adakan Sekolah Alternatif yang di pelopori oleh pemuda gandu dan bekerja sama dengan indipt.

Ada beberapa sambutan yang di sampaikan dalam acara tersebut,antaranya sambutan dari Sekdes Tanjung sari Bapak Amirudin mewakili dari penasehat pemuda Gnadu sekaligus mewakili kepala desa Tanjung Sari,karena Bapak kepala desa Imam Dwi Atmoko belum hadir dikarenakan ada halangan hujan jadi datangnya agak  terlambat,dan di lanjutkan pada inti acara yang di pandu oleh Mas A.Murtajib direktur indipt,yang isinya adalah penyampaian gagasan atau gambaran bentuk sekolah alternatif yang akan di adakan di Gandu.

Gambaran sekolah alternatif berupa sanggar atau sekolah,yang mempunyai visi :

1. Menggali dan meningkatkan sumberdaya yang ada di Gandu.
2. Mendorong masyarakat cinta terhadap lingkungan di sekitarnya.
3. memanfaatkan tehnologi untuk meningkatkan potensi sumberdaya yang ada.

Bentuk dari kegiatan-kegiatan yang akan di adakan berupa :

1. Fasilitas ,jadi indipt akan memfasilitasi dalam bentuk Dolanan,yaitu :

a. Bidang kerajinan,dari indipt memfasilitasi studi banding ke beberapa daerah            lain yang berpotensi di bidang kerajinan,seperti kerajinan anyaman.
b. Bidang peternakan,dari indipt akan memfasilitasi studi banding ke tempat       peternakan yang sudah sukses.
c. Bidang pertanian,indipt akan memfasilitasi cara membuat pupuk organik       misalnya.

Dari ketiga kegiatan di atas itu lebih di fokuskan untuk kalangan pemuda dan orang tua,dan.

2.Peningkatan wawasan dalam bentuk :

a. Akan mengadakan rumah baca atau perpustakaan.
b. Akan mengadakan pelatihan-pelatihan.
c. Lomba-lomba yang bertema pendidikan.

Untuk kegiatan ini di fokuskan untuk kalangan anak-anak.

Itu beberapa gagasan atau gambaran dari bentuk sekolah alternati yang di paparkan oleh Mas A.Murtajib,di samping itu Pak Aris panji juga mengimbuhi pemaparan dari Mas A.Murjatib . Perlombaan yang akan di adakan di Gnadu adalah salah satu bentuk dari kegiatan sekolah alternatif,dan memanfaatkan momentum pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. ¨Mencintai Rosul,juga mencintai lingkungan di sekitar kita ¨,tegasnya Pak Airs Panji.

Ada beberapa usulan atau keluhan dari warga Gandu yang diantaranya usulan dari  Bpk Teguh Imam Dwi Atmoko ¨Kades Tanjung Sari¨,Mba Khusnul ¨Ibu PKK¨,Bpk Muslimin ¨Guru MI Gandu¨,Bpk Amirudin ¨Sekdes Tanjung Sari¨,dan beberapa pemuda Gandu. Yang pada intinya sebenarnya banyak keluhan-keluhan yang di rasakan warga Gandu dalam menangani potensi-potensi yang sudah ada di Gandu,diantaranya lemahnya menegemen ¨tradisional¨,kurangnya pengembangan potensi,kurangnya percaya diri ¨potensi¨,kelemahan di bidang permodalan,dan sebenarnya masih banyak kelemahan-kelemahan yang belum terungkap.

Jawaban dari Mas A.Murtajib direktur indipt,dari indipt akan memfasilitasi untuk menuju hasil yang maksimal,seperti mendatangkan teknisi yang handal di bidang kerajinan,bisa mengadakan studi banding ke beberapa daerah lain yang  lebih berpotensi,dan yang lainnya,tapi setelah diadakan beberapa kegiatan,bisa berjalan apa tidak?,itu tergantung dari kemampuan masyarakat,karena indipt  hanya memancing  masyarakat untuk bisa lebih berpotensi.

Ada usulan yang sangat menarik dari ketua pemuda Gandu,Mas Siam mengusulkan indipt untuk mencarikan bagaimana cara memanfaatkan baju bekas menjadi sebuah kerajinan atau apa yang penting bisa di manfaatkan,menurutnya di daerah Kebumen belum ada usaha yang memanfaatkan baju bekas. Mas A.Murtajib juga berusaha akan mencari informasi maslah pemanfaatan baju bekas.

Acara diskusi berlangsung cukup rame,karena banyaknya ungkapan atau harapan yang di ajukan kepada indipt,dan wargapun banyak berharap indipt bisa menjawab semua impian atau harapan warga Gandu. Karena waktu sudah malam dan sudah tidak ada ungkapan atau harapan-harapan lagi diskusipun selesai dan di tutup oleh H.Khoeri dengan bacaan umul kitab.