Pupuk Organik dan Pupuk Kimia

Dewasa ini pupuk organik dan pupuk kimia menjadi perbincangan yang cukup menarik. Ada beberapa kelompok yang megatakan bahwa akhir-akhir ini tanah persawahan semakin lama tidak produktif,dan ada juga yang berpendapat itu karena efek dari penggunaan pupuk kimia yang terus menerus atau berlebihan. Itu adalah efek dari pupuk kimia,sekarang pupuk kimia itu sendiri apa?,ada yang berpaendapat pupuk kimia adalah Pupuk dengan kombinasi bahan-bahan kimia, yg akan merusak ekosistem unsur hara dan Jika pemakaiannya berjangka lama, akan membuat tanah tersebut suatu saat mati unsur haranya, tidak sanggup untuk memberikan hasil lagi….sudah aus!!! Struktur, kimia dan biologi tanah akan rusak oleh pupuk sintetik tsb.

Penggunaan pupuk kimia yang terus menerus bisa membahayakan kesetrukturan tanah,dan berdampak pada kelayakan tanah di masa yang akan datang. Jadi,kalau bisa penggunaan pupuk kimia mulai dari sekarang harus di hentikan karena sangat merugikan dan merusak sekali pada tanah. Mungkin saat ini belum terlalu kelihatan efeknya,tapi bagai mana nanti 10 tahun kedepan?,apakah hasil tanaman akan lebih baik,lebih meningkat seperti sekarang ini?.

Memang berat untuk merubah budaya penggunaan pupuk kimia,yang selama ini penggunaan pupuk kimia sudah sangat membudaya,bahkan ada petani yang saking fanatiknya pada merek pupuk kimia tertentu,jika bukan merek yang dia inginkan petani itu tidak mau menggunakan pupuk tersebut,itu adalah salah satu bentuk dari budaya petani sekarang ini. Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa,salahkanlah diri kita masing-masing,kenapa tidak merubah budaya itu,memang awal dari penggunaan pupuk kimia itu anjuran dari pemerintah dengan alasan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,tapi apa dampaknya sekarang ini?. Dengan ketergantungan pada pupuk kimia,petani sekarang ini merasa sulit untuk merubah budaya yang sudah melekat,bahkan dengah harga pupuk kimia sekarang ini yang cukup mahal bahkan langka sekalipun,petani tetap memilih mengguanakan pupuk kimia,tidak ada upaya untuk menggunakan pupuk organik,bagai mana dengan hasil panennya ?,apakah sesuai dengan biaya operasional tanam ?.

Dengan kondisi seperti sekarang ini,mari kita mulai meruibah budaya yang mengancam setruktur tanah yang mulai rusak,sebelum lebih parah lagi kita persiapkan untuk pembenahan,seperti mentradisikan kembali penggunaan pupuk organik. Memang menggunakan pupuk organik sedikit ribet,perlu keuletan petani,itulah kelemahan petani sekarang,petani sekarang lebih memilih yang praktis praktis,walaupun tau dampak dari yang praktis itu.
Apa yang di maksud dengan pupuk organik ?,pupuk organik adalah pupuk yag berasal atau terbuat dari bahan tumbuh-tumbuhan dan hewan seperti sampah dapur,tumbuh-tumbuhan,daun,kotoran hewan dan yang lainnya yang bersifat alami. Apa  pentingnya penggunaan pupuk organik ?,pupuk organik memang sangat penting,karena pupuk organik bisa memperbaiki unsur hara yang sudah rusak,beda dengan pupuk kimia,kalau pupuk kimia bukannya memperbaiki,tapi membunuh bibit-bibit unsur hara. Memang benar,pertama,ke dua,ke tiga,ke empat penggunaan pupuk kimia kelihatan meningkatkan hasil pertaniannya,tapi lihat dalam jangka waktu yang lama,apa perubahan yang terjadi ?.

Sekarang ini petani tidak mau menggunakan pupuk organik karena di rasa tidak efesien,tidak praktis,menggunakan pupuk organik memang memerlukan jumlah yang lebih banyak ketimbang menggunakan pupuk kimia,dan petani sekarang tidak serius dalam menangani tanamannya,mungkin karena malas atau bagaimana saya tidak tau,yang jelas petani sekarang maunya yang efesien, praktis,mudah,dan cepat,belum tentu yang praktis-praktis hasilnya bagus. Di samping itu,menggunakan pupuk organi sedikit sulit untuk mendapatkannya bagi petani yang tidak ulet atau sabar dan tidak berpengalaman,sulit mendapatkan pupuk organik,entah itu karena tidak bisa membuat pupuk organik sendiri atau bagai mana,dan dirasa jumlah yang dibutuhkan relatif lebih banyak dari pada pupuk kimia.

Salah satu upaya untuk membudayakan petani menggunakan pupuk organik,memberikan bagaimana cara untuk membuat pupuk organik sendiri,tanpa membeli pupuk petani bisa menggunakan pupuk. Mungkin perlunya penyuluhan bagai mana cara membuat pupuk organi dengan harga murah,ini juga bisa meningkatkan penghasilan petani,dengan membuat pupuk sendiri bisa mengurangi biaya produksi. Ada beberapa jenis pupuk organik,ada yang bentuk cair,ada yang bukan cair. Banyak cara untuk membuat pupuk organik,ini adalah salah satu contoh cara membuat pupuk organik yang mudah.

Pupuk organik yang terbuat dari sisa tanaman atau sampah yang diproses dengan bantuan bakteri,pertama persiapkan bahan untuk membuat pupuk organik di antaranya :
1. 200 kg hijau daun atau sampah dapur.
2. 10 kg dedak halus.
3. ¼ kg gula pasir/gula merah.
4. ¼ liter bakteri.
5. 200 liter air atau secukupnya.

Cara Pembuatan:
Hijau daun atau sampah dapur dicacah dan dibasahi.
Campurkan dedak halus atau bekatul dengan hijau daun.
Cairkan gula pasir atau gula merah dengan air.
Masukkan bakteri ke dalam air. Campurkan dengan cairan gula pasir atau gula merah. Aduk hingga rata.
Cairan bakteri dan gula disiramkan pada campuran hijau daun/sampah+bekatul. Aduk sampai rata, kemudian digundukkan/ditumpuk hingga ketinggian 15-20 cm dan ditutup rapat.
Dalam waktu 3-4 hari pupuk hijau sudah jadi dan siap digunakan.

Cara ini di ambil dari http://petanidesa.wordpress.com,dan sebenarnya masih banyak cara-cara untuk membuat pupuk organik yang lebih spesifik atau jenis pupuk organik yang lainnya,ini hanya contoh sebagian yang paling mudah.

Mari kita bangun pertanian kita sejak dini,kapan lagi kalau tidak di mualai dari sekarang,apa mau menunggu dunia ini kiamat dulu?.