Sidobunder 29 Maret 2008,For Kom DAS Telomoyo Kebumen menyambut kedatangan rombongan BBPPKS Yogjakarta,di rumah panggung Desa Sidobunder Kec.Puring. Rombongan BBPPKS Yogjakarta yang terdiri dari peserta diklat dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kedatangan mereka ke Kebumen,untuk studi banding penanggulangan bencana berbasis masyarakat,berkait dengan pelaksanaan diklat yang di selenggarakan oleh BBPPKS Yogjakarta beberapa waktu lalu.

Adapun For Kom DAS Telomoyo itu sendiri terdiri dari tiga kawasan di DAS Telomoyo yaitu,dari kawasan Hulu,kawasan Tengah,dan kawasan Hilir. For Kom DAS Telomoyo tersebut terbentuk,setelah beberapa kali mengikuti workshop pengurangan resiko bencana bersama indipt. Mengingat pentingnya pengurangan resiko bencana,dari ketiga kawasan berinisiatif untuk membentuk jaringan diantara kawasan,yang nantinya bisa terus berjalan dan berkesinambungan dalam menanggulangi bencana.

Hasil dari studi banding tersebut adalah belajar bersama mengenal bencana di beberapa kawasan atau daerah yang berbasis masyarakat. Interaksi terjalin baik antara peserta diklat dengan pembicara dari tiap-tiap kawasan,sehingga menciptakan suasana yang hangat,bahkan tidak cuma hangat,karena cuaca hari itu juga kebetulan panas. Beberapa pertanyaan silih bergantian,baik dari peserta diklat maupun dari For Kom DAS Telomoyo itu sendiri.

Ungkapan dari salah seorang peserta diklat,setelah indipt mengembangkan program pengurangan resiko bencana di Kebumen,di harapkan indipt bisa maju terus mengembangkan progran yang berkaitan denga pengurangan resiko bencana ke berbagai daerah,tidak hanya di daerah Kebumen tetapi juga bisa berkembang ke daerah-daerah lain,seperti,Jogja,Solo,Ngawi,dan yang lainnya.

Begitu juga dengan ungkapan Mas Supirono dari Madurejo. Setelah terbentuk For Kom DAS Telomoyo,di harapkan indipt bisa terus mensupot atau memancing,supaya For Kom DAS Telomoyo tetap terus berjalan dan berkesinambungan.