Dalam kehidupan sehari-hari,kita sering tidak sadar diri. Tidak tau problem masalah yang sedang di hadapi,apalagi sampai penyelesaian masalah. Dalam acara diskusi ¨perumusan program sekolah alternatif¨ di Mushola Putri Gandu,Desa Tanjungsari kec.Petanahan Kebumen 16/4/08,Bapak Amirudin ¨Sekdes Tanjungsari¨ memberi masukan kepada Remaja Islam Gandu ¨RISGAN¨,¨ kita harus merubah pola pikir kita,dan introspeksi diri¨.

Yang di maksud merubah pola pikir adalah merubah cara pandang. Sering sekali masyarakat memandang bahwa mitos itu benar,tetapi dalam konteks kenyataan yang sebenarnya,mitos itu tidak benar. Seperti contoh yang di ungkapkan Pak Amirudin,¨ Orang yang sekolahnya tinggi menjamin pintar dan sukses,keturunan orang sukses jadi sukses,keturunan sugih ¨kaya¨ jadi sugih ¨kaya¨,dan kebanyakan orang memandang modal itu berupa uang. Cara pandang yang seperti itulah yang harus kita rubah mulai dari sekarang.¨.

Kita harus bisa mengintrospeksi diri kita sendiri,introspeksi diri yang meliputi mentalitas,percaya diri,dan menghargai diri sendiri. Mentalitas yang di miliki RISGAN adalah mentalitas nyadongan ¨peminta¨ dikatakan Pak Amirudin. Pak Amirudin mengajak RISGAN untuk merubah mentalitas yang seperti itu. ¨ RISGAN harus bisa mandiri,jangan hanya mengandalkan bantuan,dan berfikir bagaimana caranya supaya bisa mandiri.¨ tegas Pak Amirudin dalam acara diskusi tersebut. ¨Di samping itu,rasa percaya diri juga harus di tingkatkan¨,imbuhnya. Memang benar apa yang di katakan Pak Amirudin,untuk memulai melakukan kegiatan/aktifitas atau sesuatu hal,harus di landasi percaya diri,tanpa di landasi percaya diri,hasil dari aktifitas tersebut tidak akan maksimal,bahkan akan mengalami kegagalan.

Menghargai kemampuan diri. Sangat penting untuk di miliki setiap orang,siapa lagi kalau bukan diri kita sendiri yang menghargai kemampuan sendiri,kalau diri sendiri saja sudah tidak menghargai kemampuan dirinya,bagaimana dengan orang lain ?. Berawal dari diri sendiri ,dengan sendirinya oranglainpun akan menghargai kemampuan kita.

Sekarang ini,jarang sekali orang bisa melakukan hal-hal tersebut di atas. Dengan belajar seperti itu,kemungkinan besar masyarakat akan lebih maju dan bisa memahami permasalahan atau problem,dan bahkan bisa menyelesaikan permasalahan atau problem yang sedang di hadapinya.