¨ Selamanya manusia tidak akan berubah,tanpa ada kemauan untuk merubah dirinya sendiri. Maka dari itu banyak-banyaklah bertanya kepada saya,kalau peserta tidak ada yang membantai saya,berarti semua peserta mati (mati dalam kontek berfikir).¨,di sampaikan Pak Habib dengan lantang dalam memberikan mokodimah di acara diskusi bersama masyarakat Maduretno yang bertempat di Masjid Al-Huda Desa Maduretno,Bulus pesantren,Kebumen.

Pak Mutolib sebagai pembicara dalam acara tersebut,banyak pesan yang di sampaikan beliau, di samping sebagai tokoh masyarakat beliau juga seorang petani di Desa Maduretno. Pesan yang di sampaikan beliau kepada peserta pelatihan adalah,banyak-banyaklah bertanya kepada Pak Habib dan praktekan ilmu yang sudak di dapat dari Pak Habib. Jangan sampai ilmu yang sudah di dapat di biarkan begitu saja,tanpa praktek ilmu tidak akan berguna,sama saja bohong.

¨Pemuda adalah masadepan hidup,pemuda tidak mau hidup ya sudah mati saja (mati dalam arti pola pikirnya),benar apa yang di sampaikan Pak  Habib tadi,diri kita sendiri yang harus bisa merubah nasib kita sendiri,itu kalau anda mau sukses seperti Pak Habib.¨,di sampaikan Pak Mutolib dalam acara tersebut.

Beberapa pertanyaan juga muncul dari sebagian peserta pelatihan,itu menandakan peserta menangkap apa yang di sampaikan narasumber. Walaupun hanya pertanyaan-pertanyaan yang naif,namun itulah respon dari peserta.

Suasana hening,semua peserta memperhatikan penjelasan Pak Habib,ketika beliau menjelaskan sistem ekonomi,kelihatannya serius,tapi apakah peserta maksud denga penjelasan Pak Habib,apa malah bingung. Ternyata dari sekian banyaknya peserta,tak sedikit dari mereka yang tidak tau tentang sistem ekonomi.