Setelah pesarta pelatihan mengenal peternakan dan pertanian Pak Habib,peserta lalu di kenalkan dengan pupuk yang sering di gunakan Pak Habib untuk tanamannya. Untuk pertanian Pak Habib tidak harus membeli pupuk untuk tanaman,beliau hanya menggunakan pupuk buatannya sendiri.

Dalam pembuatan pupuk ,Pak Habib hanya menggunakan bahan dasar dari limbah petenakannya. Kotoran sapi misalnya. Kotoran sapi bisa di buat pupuk organik untuk berbagai maca jenis tanaman,tentunya dengan cara dan bahan tambahan yang berbeda. Kenapa pupuk harus di bedakan menurut jenis tanaman ?,menurut beliau,setiap jenis tanaman memerlukan unsur-unsur organisme yang berbeda-beda. Seperti,pupuk untuk tanaman padi,berbeda dengan pupuk untuk tanaman cabe atau tomat. Begitu juga dengan cara pembuatan pupuknya.

Sering petani mengalami ke gagalan dalam usahanya,salah satunya di sebabkan karena tidak tau fungsi dari pupuk yang di gunakan,dan unsur hara yang terkandung dalam tanah di daerahnya. Untuk cara pembuatan pupuknya,akan saya terangkan di tulisan-tulisan berikutnya