Kenapa perekonomian bangsa kita masih tetap seperti ini ?,mungkin karena ekonomi di negri ini banyak di mainkan oleh para pelaku ekonomi,seperti,pihak sewasta,BUMN,Koperasi,dan pelaku orang luar negri. Perekonomian tidak akan berubah jika para pelaku ekonomi tersebut tidak merubah sistem kapitalisnya,karena kebanyakan dari mereka rata-rata menggunakan sistem ekonomi yang kapitalis.

Berbagai macam hal sekarang di bisniskan,bagi hasil,jabatan di perebutkan dan seterusnya. Itu adalah salah satu bentuk dari pola pikir kapitalis yang tertanam dalam jiwa mereka. Warga Indonesia mayoritas beragama Islam,yang selalu menyuarakan dirinya orang yang beriman,menyerukan bahwa Agamanya paling hebat dan seterusnya. Tapi,pola pikir dari mereka tidak lebih dari orang-orang kafir,orang-orang yahudi yang selama ini di haramkannya.

¨ Untuk merubah pola pikir yang kapitalis,kita beranjak dari hal-hal yang kecil,seperti,jika kita membeli sesuatu kembaliannya lebih,sebaiknya lebihannya itu di kembalikan lagi. Yang artinya janganlah mengambil sesuatu yang bukan hak milik sendiri. Mungkin semua orang tau kalau itu bukan hak miliknya,tapi terkadang hal-hal sepele yang seperti itu di abaikan begitu saja,yang akhirnya lama-lama tumbuh menjadi pola pikir yang kapitalis.¨,di sampaikan Pak Tohid dalam acara diskusi bersama peserta pelatihan dan masyarakat Desa Maduretno,Bulus pesantren,Kebumen sabtu 26/04/08 malam.

Yang jadi pertanyaan adalah,apakah perekonomian di negri ini akan berubah ?.
Apakah umat Islam di negri ini akan tetap menyerukan bahwa Agamanya adalah agama yang paling hebat,sedangkan pola pikirnya masih seperti itu ?.