Selain bertani,salah satu penghasilan tambahan warga Desa Maduretno,Bulus pesantren,Kebumen,adalah membuat tambang yang dari serabut kelapa. Dua orang ibu yang sedang membuat tambang,di minta peserta pelatihan untuk mengajari bagaimana proses pembuatan tambang tersebut. Dengan senang hati kedua ibupun mengajarinya.

Dengan peralatan yang sederhana ibu itu mempraktekan langsung,bagaimana proses pembuatan tambang. Salah satu dari peserta ingin mencobanya,praktek langsung,ternyata tidak semudah yang di lihat. Sering meleset,ketika peserta mencoba membesut serabut kelapa. Tapi,mereka selalu mencoba dan mencoba.

Mungkin itu adalah hal baru bagi peserta,karena di daerahnya tidak ada usaha seperti itu. Dengan sedikit ilmu yang di berikan kedua ibu tersebut,mungkin bisa membuka jalan pikiran untuk usaha seperti itu,toh bahan dasarnya juga mudah di dapat di sekitar kita. Tidak semua peserta mengikuti pelatihan ini,karena sebagian dari peserta sudah merasa lelah setelah berjalan melihat tanaman bunga milik Pak Jamil.