Hari kedua pelatihan peserta di ajak jalan-jalan berkunjung ke lahan pertanian milik warga,kunjungan itu di pandu Pak Saekhu,adik Pak Habib. Pak Habib saat itu tidak bisa memandu,karena sesuatu hal yang harus beliau kerjakan.

Sesampainya di lahan pertanian,Pak Saekhu mencari-cari pemilik tanaman oyong yang ada di sekitar lahan,kebetulan pemilik tanaman sedang istirahat di bawah pohon ketela sekitar lahan. Pak Soni adalah pemilik tanaman oyong tersebut,beliau menanam oyong bukan yang pertama kalinya,sehingga beliau paham betul untuk memperlakukan tanaman oyong.

Berbagai pertanyaan muncul dari para peserta pelatihan,baik dari cara menanam,cara memupuk,cara perawatan,cara memilih bibit yang bagus,cara panen,cara memasarkan,bahkan sampai ke umur tanaman.

¨ Pak,kenapa itu buahnya di bungkus dengan plastik,apa memang harus di bungkus begitu ?.¨,tanya Siti salah satu peserta,dengan menunjuk ke arah buah yang di bungkus plaitik. Dengan memperagakan secara langsung,Pak Soni menerangkan pertanyaan dari Siti sangat singkat,padat,jelas,dan mengena. Peserta cukup antusias ketika Pak Soni menerangkan berbagai macam pertanyaan-pertanyaan mereka,walaupun cuaca lumayan panas.

Saking panasnya,beberapa peserta mencari tempat yang lebih teduh sendiri-sendiri,ada yang di bawah tanaman oyong, di bawah tanaman pepaya,dan ada juga yang berteduh di bawah tanaman ketela ¨ tempat Pak Soni istirahat¨