Kegiatan sekolah 3 hari ini yang memfasilitasi adalah Indipt Kebumen,kegiatan ini adalah sebagian bentuk dari program sekolah alternatif yang akan di adakan di Dukuh Gandu. Dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pelatihan ini,banyak hal yang masih perlu di diskusikan bersama,terkait dengan kelemahan atau kekurangan saat pelaksanaan kegiatan. Beberapa kelemahan atau kekurangan pada saat pelaksanaan pelatihan diantaranya adalah. 1). Fasilitator terlalu banyak bahkan sering berkata atau berkomentar yang tidak menyambungkan materi pelajaran.  2). Dalam memberikan contoh,fasilitator sering memberi contoh yang tidak nyata atau tidak ada. Sebagai fasilitator sebaiknya memberi contoh yang mudah di pahami dan ada keberadaannya dalam kehidupan peserta. 3). Fasilitator terlalu banyak memberikan kesimpulan-kesimpulan,padahal kesimpulan tersebut belum tentu kebenarannya atau sesuai dengan kenyataan yang ada dalam kehidupan peserta.

Berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan selama sekolah 3 hari ini,fasilitator sering melakukan hal-hal seperti di atas. Untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasa seperti itu,mari kita diskusikan bersama bagaimana untuk menghindari hal-hal tersebut agar tidak terulang lagi dalam kegiatan-kegiatan berikutnya . Memang tidak mudah untuk merubah kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjiwa,perlu keseriusan dan tekad yang kuat.

Inilah yang dinamakan belajar,belajar dari kesalahan. Ilmu yang seperti ini jarang kita jumpai dalam pendidikan formal,kecuali kita sudah pernah melakukan kesalahan-kesalan. Belajar yang seperti sangat mahal harganya,tetapi hasilnya juga lebih berkualitas.

Beranjak dari kesalahan-kesalahan yang sudah kita lakukan,semoga kegiatan-kegiatan berikutnya akan jauh lebih baik dan menghasilkan kesempurnaan,sesuai dengan harapan kita bersama. Memang di dunia ini tidak ada yang sempurna,tapi apa salahnya kalau kita belajar untuk mendekati sempurna.