Sudah 2 hari 2 malam peserta pelatihan di geber untuk belajar dan berfikir. Banyak hal terlihat dalam diri peserta,dari sifat,watak,cara berfikir dan seterusnya. Dari ke 15 peserta yang mengikuti pelatihan ini,hanya sebagian saja yang benar-benar ingin menimba ilmu dan ingin mempraktekan langsung di kampungnya. Sebagian yang lain hanya ingin bersenang-senang mencari pengalaman,hura-hura,atau ingin belajar tapi hanya belajar saja,tidak punya keinginan mempraktekkan,hanya sekedar pengalaman saja.

Tapi ada satu hal yang menarik. Yang tertanam selama pelatihan ini adalah kebersamaannya,kekompakan,kekeluargaan,dan keterbukaan. Ini terlihat dalam aktifitas selama 2 hari,mereka saling membantu,saling curhat,saling canda tawa,dan seterusnya. Seperti contoh ketika selesai makan,mereka bersama-sama membereskan dan mencuci peralatan makan yang kotor,mereka tidak membedakan cewe,cowo,tua,maupun muda,semua saling membantu bekerja.

Kegiatan ini mungkin berkesan bagi para peserta,banyaknya kejadia-kejadian yang aneh,hal-hal yang jarang di tamui bahkan di alami,ataupun dari sekian peserta ada yang memang sama sekali belum pernah mengikuti pelatihan seperti ini. Mereka merasakan susah senangnya mengikuti pelatihan. Atau mungkin pelatihan ini menjadi momentum dalam hidupnya.

Banyak hal yang harus di tamamkan pada diri mereka,baik dari cara hidup atau pola pikirnya. Bagaimana cara hidup yang baik,dan berfikir untuk bisa hidup lebih maju dan berkembang.