¨ Oke……teman-teman,biar pikiran kita tidak tegang bagaimana kalau kita mutar film dulu,liat kegiatan kita selama 2 hari ini,sebenarnya kita ngapain aja sih ?.¨,tawaran Pak Tajib sebagai fasilitato kepada peserta dalam acara evaluasi belajar selama 2 hari ini. Tanpa menunggu lama jawaban iyapun di lontarkan seluruh peserta,walaupun di antara mereka ada yang belum nyambung dengan ajakan fasilitator.

Terdengar jelas suara cekikikan dan saling tunjuk,ketika film mulai di putar. ¨ Artis Gandu tuh,lagi ekting.¨,kata-kata yang keluar dari peserta ketika melihat temannya kesoting. ¨ Itu siapa ?¨,saut temennya yang satu lagi.  Ketawa semakin kencang tak terasa,ketika melihat temannya terjebol ke dalam selokan.¨ Ha ha ha ha ha ha……….siapa itu yang jatuh !!!!?,makannya kang,kalau motret jangan pake nafsu,liat-liat dong.¨,teriakan seorang peserta dengan nada canda. Canda tawa silih berganti di antara mereka,sehingga menghangatkan suasana malam itu.

¨ Bagus itu film mas,itu laku kalau di jual ke dinas pertanian,mereka suka,pasti mau membelinya mas. Lumayan,tinggal di bikin proposal,langsung di ajukan saja.¨,saran Pak Habib pada Pak Tajib. ¨ Tidak lah mas,itu cuma buat dokumen sendiri ko,paling nanti kalau sudah di edit di putar lagi bersama warga ¨Gandu¨,biar warga tau,apa yang kita lakukan selama pelatihan 3 hari di sini.¨,tanggapan Pak Tajib yang sangat sederhana.

Hanya beberapa bagian film saja yang di putar,mengingat waktu yang sudah begitu malam dan peserta cewe juga sudah sedikit ngantuk ¨mungkin karena kecapean¨. ¨ Oke…….teman-teman,pemutaran kali ini cukup saja,besok kalau sudah di edit kita putar lagi di Gandu,biar teman-teman kalian di Gandu tau,apa yang anda lakukan selama 3 hari di sini,dan bagi yang cewe,kalau sudah ngantuj silahkan kembali ke penginapan anda.¨,penutup dari fasilitator.