Malam terakhir pelaksanaan pelatihan,peserta di minta mengungkapkan gagasan-gagasan yang akan di lakukan setelah mengikuti pelatihan ini. Pak Tajib sebagai fasilitator dalam acara tersebut,beliau menunjuk satu persatu dari peserta untuk mengungkapkan gagasan-gagasan yang akan di lakukan kedepan setelah ini.

¨ Gimana,kira-kira apa yang anda semua akan lakukan setelah pelatihan ini ?,apa mau mempraktekan ilmunya,atau bagaimana ?,apa masih bingung ?.¨,tanya Pak Tajib pada peserta. Peserta masih bingung. ¨ coba kamu nar,apa yang akan kamu lakukan kedepannya.¨,Pak Tajib menyuruh Mas Sunar untuk memberikan gagasannya.

Mas Sunar belum bisa menyampaikan gagasannya,karena dia bilang,dia lagi ada masalah pribadi yang di pikirkan. ¨ hayo siapa yang ingin menyampaikan gagasannya ?,kamu yam.¨,Pak Tajib menunjuk ke Mas Siyam. Begitu juga dengan Mas Siyam,sama seperti Mas Sunar. ¨apa yang cewe ?.¨,tawaran Pak Tajib.

Dari peserta cewe mengungkapkan gagasannya yang di sampaikan Mba Siti,dia akan mencoba mempraktekan menanam tanaman bunga melati. Setelah Mba Siti mengungkapkan gagasannya,lalu di susul oleh Mas Nadir. Mas Nadir mengungkapkan bahwa dia akan mempraktekan menanam oyong atau timun di pekarangannya. Setelah Mas Nadir,di susul oleh pserta yang lain,seperti Mas Rofik dan Pak Rt.

Hanya beberapa peserta saja yang berani menyampaikan gagasannya,yang lain hanya diam dan mendengarkan temannya. Entah apa yang membuat sebagian dari mereka tidak berani menyampaikan gagasannya,apa karena malu,takut,atau bagaimana.

semakin malam semakin sunyi suasana,untuk membangkitkan atau merubah suasana Pak Tajib mencoba memutarkan film. Film apakah yang di putar saat itu ?. Akan kami cantumkan dalam tulisan-tulisan berikutnya.