¨ Saya senang sekali melihat semangat belajar mba-mba dan mas-mas semua. Anda adalah generasi penerus yang luar biasa,semangat belajarnya,kerjasama,dan rasa kekeluargaannya,jarang sekali dimiliki para pemuda sekarang.¨,sedikit kesan yang di sampaikan Pak Habib,dalam acara pesan dan kesan setelah 2 hari belajar bersama beliau. Tidak hanya kesan,beliau juga memberikan pesan-pesan kepada peserta pelatihan. Pesan beliau tidak ada lain adalah praktekkan ilmu yang sudah di dapat,dan janganlah putus hubungan persaudaraan kita. ¨ Jangang sungkan-sungkan untuk sering main kesini,Gandu Maduretno kan tidak terlalu jauh.¨,pesan terakhir beliau.

Awalnya peserta melu menyampaikan pesan dan kesan,dengan cara di tunjuk fasilitator, akhirnya Mas Nadirpun mau untuk mewakili teman-teman menyampaikan pesan dan kesan selama belajar bersama Pak Habib. Cukup singkan pesan dan kesan yang di sampaikan Mas Nadir,mungkin karena bingung atau bagaimana saya tidak tau yang dia rasakan saat itu.

Di samping Mas Nadir fasilitator juga menunjuk beberapa peserta lain untuk menyampaikan pesan dan kesan,antara lain Mas Sunar,Mas Siyam,Mas Rofik,dan Mba Siti. Yang pada intinya adalah sama,mereka ¨peserta¨ merasa senang mengikuti pelatihan ini,banyak menemukan hal-hal baru selama mengikuti pelatihan. Dari peserta kebanyakan memberikan pesan supaya Pak Habib dalam memberikan ilmunya tidak hanya sampai di sini,peserta mengharapkan Pak Habib bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Tanjung sari,untuk memberikan dorongan dan masukan-masukan ilmu.

Acara pesan dan kesan cukup singkat,karena harus melanjutkan acara berikutnya. Ada dua acara pada malam terakhir pelatihan,di samping acara pesan dan kesan,ada juga acara gagasan tindak lanjut dari pelaksanaan pelatihan selama 3 hari ini.