Dua hari sudah peserta belajar bersama mas Habib, di malam terakhir fasilitator mengajak peserta diskusi tindak lanjut pelatihan ini, dan mas Tajib sebagai fasilitator dibantu mas Kharis dan saya. Acara dimulai pukul 20.00 WIB, mas Tajib mengawali acara tersebut dan dilanjutkan mukodimah mas Habib. Dalam acara tersebut mas Habib banyak menceritakan kisah perjalanan semasa merintis usahanya, baik dibidang bisnis maupun wirausaha, dari kisah senang maupun duka.

Pengalaman yang paling menduka ketika beliau tertipu rekan bisnisnya, hampir semua hartanya habis, dan beliau harus merintis usaha dari bawah lagi. Tidak hanya itu, beliau juga menceritakan betapa kerasnya mengikuti dunia bisnis. Dalam dunia bisnis semua jalan mencari uang bisa di halalkan, kalau tidak seperti itu bersiap-siaplah mengalami kebangkrutan. Dari pengalaman yang dialami, beliau berpesan dalam usaha harus jeli dan hati-hati dengan relasi bisnis, baik teman ataupun lawan.

Setelah mendengar cerita mas Habib, mas Tajib mengajak peserta mengungkapkan rencana kedepan yang akan dilakukan setelah mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan ini berkaitan dengan sekolah alternatif yang akan di adakan di Dukuh Gandu. Pada mulanya peserta bingung mengutarakan, setelah mas Tajib memberi sedikit gambaran barulah peserta mengungkapkan apa yang akan dilakukan kedepannya. Ada yang ingin praktek bertani, beternak, dan memberi tau teman di desanya, baik peserta cewe maupun cowo.

Disela-sela kebingungan memikirkan tindak lanjut mas Tajib mengajak peserta nonton film, bukanlah film komedi atau horor melainkan film kegiatan peserta selama dua hari ini. Walau bukan film komedi bisa merubah suasana, yang tadinya hening kini berubah rame canda tawa, karena melihat teman atau diri sendiri kesoting. Tadinya pemutaran film digagalkan karena aliran (mati lampu) sejak pagi, alhamdulillah setelah beberapa menit acara dimuali lampu nyala dan acara berjalan sesuai rencana. Malam semakin larut sepertinya peserta cewe sudah ngantuk, akhirnya mas Tajib menutup acara dan mempersilahkan peserta istirahat “bagi yang sudah ngantuk” sampai jumpa besok pagi.